-->

Pesan Kesan Menjadi Peserta Program YESS Kementerian Pertanian

 Bismillah 


Perkenalkan nama Saya Sarip Hidayat. Alamat usaha di Desa Cidamar Kecamatan Cidaun.


Saat ini saya mengelola usaha pertanian pangan dan hortikultura baik yang strategis maupun khusus.


Tanaman pangan yang dibudidayakan di antaranya Padi dan Jagung. Tanaman Hortikultura strategis Nasional yang saya dibudidayakan adalah Cabe.


Secara Khusus saya menanam Melon, Butternut atau Labu Madu, dan Pepaya California.


Selain itu, saya mulai berinvestasi membudidayakan tanaman buah tropika tahunan. Saya menanam Sawo, Mangga, Jambu Air, Nangka, dan Alpukat, dan Durian yang kami kerjasamakan dengan Seorang Kawan di daerah Gelar Pawitan.


Bertani, beternak, dan berkebun sudah menjadi aktifitas utama saya di kampung sejak belia.


Setelah dewasa saya bersama kawan-kawan sekampung menginisiasi berdirinya komunitas Blogger Cidaun.


Ada salah satu kesamaan di antara kami itu. Yaitu senang bertani. 


Kemudian karena Kami tinggal di dekat Pesantren Najaatain mulailah kami membicarakan ini semua bersama para asatidz di pondok ini. Komunitas ini lalu lebih dikenal dengan Komunitas Najaa Farm.


Sejak itu kami mulai menanam Cabe, Labu Madu, Terong Ungu, Pepaya, Jambu Kristal, dan yang lainnya.


Lalu kami mengadakan pertemuan dengan Al-Ittifaq sebagai Offtaker.


Kami kemudian banyak berkonsultasi dengan Dinas Pertanian Cidaun dan mulai mendaftarkan kelompok tani kami yang kemudian secara Resmi dinamakan Kelompok Tani Sugih Mukti 2.


Melihat antusias kaum muda di Cidaun ini kemudian Kementerian Bappenas mendukung kami dan mulai mendamping hingga kini sudah 5 tahun.


Tahun 2021 saya dipercaya menjadi ketua koperasi produsen Najaa Farm Berkah yang berlamat di Kampung Girang RT 001 RW 004 Desa Cidamar Kecamatan Cidaun. Koperasi ini mendapatkan penghargaan dari Bupati Cianjur sebagai Juara Pertama pada Ajang Perlombaan Di Dinas Pertanian sebagai Koperasi Baru yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang baik.


Pada Tahun 2022 kami mendaftarkan diri sebagai peserta pelatihan pada Program Pengusaha Muda di Kementan. Belakangan sering disebut Program Yess.


Saya sangat antusias mengikuti program ini karena banyak ilmu dan trik yang saya butuhkan untuk meningkatkan skills dan kepekaan saya dalam usaha.


Jujur saja saya tidak terlalu percaya diri akan talenta menjual atau bisnis sehingga saya berpikir untuk terus mengasahnya. Salah satunya melalui program ini.


Ada lonjakan peningkatan kapasitas saya dalam berbudidaya dan berusaha di sektor ini setelah mengikuti sejumlah program baik dari Dinas Pertanian, Bappenas, Al-Ittifaq, dan dari sejumlah Industri yang langsung berhubungan dengan kami.


Program Yess banyak memberikan manfaat bagi saya.


1. Hibah kompetitif memberikan kesempatan saya menambah populasi tanaman melon saya, nutrisi yang lengkap, dan sejumlah peralatan budidaya.


2. Program Yess memberikan wadah yang baik untuk petani naik kelas dari hanya mumpuni pada budidaya me jadi petani sekaligus pengusaha.


3. Program Yess memberikan networking dan iklim yang sehat dalam membangun silaturahmi dan komunikasi antar petani pembudidaya dan pelaku usaha.


4. Program Yess memberikan sejumlah ilmu dan keahlian teknis yang baru mulai dari. Ara merencanakan usaha hingga evalusianya.


5. Program Yess mengenalkan komoditi komoditi yang punya nilai ekonomi tinggi terutama setelah adanya diskusi dan komunikasi intensif sesama peserta dan dari para pemandunya.





















LihatTutupKomentar