-->

Menghasilkan Jutaan Rupiah dari Pekarangan Rumah dengan Menanam Jambu dan Menjual Bibitnya

4 tahun yang lalu saya menyaksikan kesuksesan pak Saipul Annuar, SP dalam budidaya Jambu Madu di dalam Pot.

Saya mengamatinya dengan menonton puluhan vidio di channel khusus miliknya. Lalu saya mencoba membeli bibit Jambu Mutiara Hitam dari beliau.

Sekarang di pekarangan rumah ada lebih dari 30 jenis Jambu air. Dan saya sudah bisa menjual buah dan bibitnya. 

Kini saya pun mengembangkan budidaya jambu air dengan membuka kebun dengan populasi 300 pohon.

Ternyata saya mendapatkan rumus sukses yang dialami pak Saipul Annuar dan Saya.

Kalau saya hitung modal budidaya Jambu Air Madu itu kecil sekali. Dalam waktu 4 tahun sudah menjadi sebesar ini.

Dari beberapa pohon setahun kemudian jadi 100 pohon lalu bisa jadi 1000 pohon lebih.

Jambu air termasuk yang tidak rewel. Pemeliharaannya sangat mudah. Dan satu lagi, Jambu air madu ini cepat berbuah.

Jadi dapat kami simulasikan seperti ini.

Saya membeli 10 pohon kecil bibit jambu air madu Deli saat itu. Lalu 2 tahun kemudian saya cangkokan. Saya mendapatkan cangkokan sebanyak 100 Cangkokan. Jadi rata rata saya membuat Cangkokan itu 10 cangkokan per pohon.

Setahun kemudian saya membuat cangkokan lagi sebanyak 1000 cangkokan.

Jadi dalam waktu 4 tahun saya sudah punya banyak pohon jambu air dan bisa menjual bibitnya.

Untuk Jambu air ini saya menarget pasar di lokasi tempat budidaya kami.

Yang di pekarangan rumah meskipun sering dicangkok tapi pohonnya kini sudah tinggi kembali mencapai 4 meteran. Dan tentu ini siap untuk dimonetize dan menjadi pundi-pundi uang untuk keluarga kami.



LihatTutupKomentar