-->

Beternak Ayam, Bebek, Mentok, Domba, Sapi dengan Pakan Gratis

Saat saya sekolah di Madrasah Al-Holiliyah saya menggembala Bebek petelur 30 ekor. Saya bisa membeli apapun yang saya mau dan bisa menabung.




Apa yang membuat saya bisa free financial sangat awal bahkan dari usia SMA? Salah satunya karena ada uang di saku saya dari beternak bebek.

Lalu apa yang menjadi kunci kesuksesan peternakan saya?

Saya mau memberikan jawaban singkat padat. Tidak ada yang lain jawabannya adalah: "PAKAN GRATIS"

Inilah yang menurut saya paling membuat saya cepat mandiri dan punya banyak uang di usia muda.

Jadi dengan beternak tanpa mengeluarkan biaya pakan akan membuat anda berjaya.

30 tahun berselang kami mendapati gaya beternak seperti yang saya lakukan dulu dengan sedikit modifikasi.

Kalau dulu begitu sekarang agak berbeda sedikit saja.

Caranya adalah sebelum beternak kita mesti menanam ubi jalar, ubi kayu, jagung, kacang hijau, pohon kelor, pohon Gamal, pepaya.

Berapa luas lahan yang mesti disiapkan? Itu tergantung populasi ternak yang akan kita budidayakan.

Misal ayam 1.000 ekor itu cukup dengan jagung 1 hektar.

Apa yang akan kita dapatkan dari jagung itu?

Tentu saja yang paling penting adalah polongnya. Lalu daunnya, batangnya, dan janggelnya.

Kalau semua diolah menjadi pakan akan sangat mencukupi.

Boleh dicoba untuk ternak lainnya.




LihatTutupKomentar