-->

Ternak puyuh tanpa bau, bagaimana caranya?

Ternak puyuh tanpa bau, bagaimana caranya

Bagaimana caranya agar peternakan burung puyuh tidak bau? Aroma bau ini telah meresahkan masyarakat. Alagi bila kandangnya dekat pemukiman bisa saja dibakar massal oleh orang sekitar yang hidungnya tertusuk bau itu.

Ternak puyuh tanpa bau, bagaimana caranya?


  1. Rajin membersihkan kandang
  2. Membuat pori-pori pada lantai
  3. Memberi penyinaran yang cukup
  4. Memberi pakan yang difermentasi
  5. Memberikan desinsfektan dan anti-fungi
Bila anda beternak burung puyuh maka anda harus rajin membersihkan kandangnya. Jangan malas. Itu intinya. Sediakan waktu khusus di pagi dan sore hari untuk membersihkan kandangnya. Setelah itu anda bisa memfermentasi atau mengubur kotorannya.

Selanjutnya anda juga penting memberikan lantai yang berpori pada kandang burung puyuh anda. Lantai yang bantat dan tidak berpori akan sulit dilalui oksigen sehingga tidak terjadi oksidasi.

Penyinaran di kandang puyuh anda harus cukup. Bisa dengan menggunakan cahaya matahari atau cahaya lampu. Yang pertama lebih baik tentunya. Karena cahaya matahari akan memperkuat tulang burung puyuh dan menyuntik kekebalan tubuhnya.

Pakan fermentasi akan mengubah akan menjadi bernilai gizi tinggi. Selain itu hasil kotorannya tidak akan se-bau pakan yang tidak difermentasi terlebih dahulu. Maka dengan ini penting sekali memberikan pakan fermentasi ini.

Pemberian fungisida untuk mengatasi jamur akibat kelembaban sangat penting dilakukan. Selain itu anda juga perlu memberikan desinsfektan berbahan dasar alkohol atau sulfur Bendazim yang terbukti mengatasi masalah-masalah berbahaya di lantai.

Itulah beberapa hal penting yang bisa anda lakukan agar peternakan burung puyuh anda tidak menghasilkan bau yang mengganggu.
LihatTutupKomentar