-->

Manajemen Penempatan Kursi Pelatihan Gratis

Manajemen Penempatan Kursi Pelatihan Gratis



Pelatihan gratis merupakan bagian penting yang terus dilakukan oleh berbagai pihak dengan tujuan yang bermacam-macam. 


Hanya saja ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat mengadakan pelatihan gratis. 


Karena dianggap gratis akhirnya banyak orang yang kurang perhatian. Bentuknya adalah datang terlambat, bahkan daftar tapi tidak datang. 


Saat datang pun kalau pematerinya tidak membuat mereka tertarik yang ada malah mengantuk, kursi depan tidak diisi, ngobrol, dan tidak memperhatikan tanya jawab, juga tidak ada pertanyaan dari peserta.


Kalau semua itu ada maka pelatihan itu dinilai kurang berhasil. Pelatihan-pelatihan yang seperti ini manfaatnya kurang karena setelah peserta bubar dari pelatihan tidak ada pola pikir dan sikap dan berubah juga tidak ada aksi nyata penerapannya. 


Saya akan lebih fokus ke manajemen pengaturan kursi. Alasannya sudah ada di bagian atas. 


Karena pelatihan gratis ini biasanya menyisakan kursi barisan depan yang kosong maka anda harus menyiasatinya dengan mengisi ruangan hanya dengan sepertiga dari perkiraan peserta yang hadir. 


Setelah peserta datang maka anda akan melihat semua kursi terisi dari depan. Mengapa karena mereka terpaksa harus mengisi kursi di bagian depan karena tidaka ada lagi kursinya. 


Setelah peserta yang lain datang maka anda meminta petugas penata kursi untuk menabah kursi secara berangsur misalnya tambah 1, tambah, tambah lagi 1. Sesuaikanlah penambahan kursi dengan peserta yang datang. 


Begitulah cara yang akan membuat anda berhasil dalam mengatur peserta pelatihan gratis dalam ruangan hingga deretan kursi depan terisi.


Sebagai penyelenggara tentu anda ingin pemateri itu nyaman saat menyampaikan slide materi atau saat ia memaparkannya. 


Bila kursi-kursi depan kosong dan peserta pelatihan gratis itu duduknya pada berjauhan dan ada kursi-kursi kosong di kanan kirinya biasanya pemateri kurang semangat dan bahkan parahnya merasa kurang diterima dan dihargai. 


Dengan cara di atas tadi maka rungan tempat oelatihan gratis yang anda selenggarakan terlihat penuh dan perhatian peserta lebih terfokus. 


Selanjutnya dalam pengaturan tempat duduk peserta juga alangkah baiknya bila didekatkan dengan lemateri dan pemateri agak ditinggikan tempatnya. Cara Memaknai tujuannya agar semya peserta bisa melihat pemateri dan semua yang digelar dan diperagakannya.


Anda mesti mengisi sisi kanan dan kiri pemateri dengan baik agar pandangan pemateri dan peserta menjadi lebih leluasa.


Demikian cara mengatur tempat duduk peserta pelatihan gratis agar lebih kompak dan sukses. 



LihatTutupKomentar